Trivia Romeo dan Juliet


Kisah cinta Romeo dan Juliet karya William Shakespeare ini begitu terkenal karena sangat romantis sekaligus tragis. Ternyata ada banyak fakta menarik lho, di balik kisah cinta pasangan remaja dari kota Verona ini. Penasaran?


1. Based on true story. Yap, William Shakespeare menulis kisah cinta Romeo dan Juliet karena terinspirasi oleh kisah nyata pasangan kekasih yang hidup di kota Verona, Italia tahun 1303. Kisah cinta pasangan kekasih ini diceritakan dalam puisi sastrawan Inggris, Arthur Brooke berjudul The Tragical Historye of Romeus and Juliet.

2. Memiliki banyak versi. Romeo dan Juliet adalah karya William Shakespeare yang paling banyak versinya. Tercatat ada sekitar 77 versi cerita tentang Romeo dan Juliet. Kemudian sampai tahun 2000-an ada sekitar 500 lebih film yang mengadaptasi kisah Romeo dan Juliet.

3. Adegan balkon yang fenomenal. Adegan atau scene di balkon dalam pertunjukkan Romeo dan Juliet disebut-sebut sebagai adegan yang paling terkenal sepanjang sejarah teater. Karena dalam adegan itu banyak kalimat romantis yang terucap oleh pemeran Romeo dan Juliet.

4. Rumah dan monumen. Di kota Verona, Italia, ada sebuah rumah yang dipercaya sebagai rumah Juliet Capulet. Casa di Giulietta atau Rumah Juliet tersebut menjadi tujuan wisata favorit untuk melihat balkon tempat Juliet menanti Romeo. Di kebun yang terletak di tengah rumah ada monumen Juliet yang juga laris dikerubungi turis. Kabarnya jika kita menyentuh patung tersebut, kita akan beruntung dalam cinta.

5. Letter to Juliet. Pernah nonton film Letter to Juliet tentang petualangan Amanda Seyfried mencari si penulis surat yang ditujukan kepada Juliet. Percayalah, ada banyak surat seperti itu yang ditempelkan di dekat balkon Rumah Juliet. Bahkan setiap tahunnya ada sekitar 5000 surat yang dialamatkan ke Rumah Juliet. Isi surat tersebut biasanya tentang curhat masalah cinta. Sejak tahun 1930an, penduduk lokal secara sukarela membalas surat-surat tersebut. Kemudian di tahun 1980, mereka membentuk organisasi resmi bernama Club di Giulietta (Juliet Club) yang bertugas mengumpulkan dan membalas surat dari para penggemar Juliet ini.

sumber : http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/trivia.romeo.dan.juliet/001/007/439

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Posting Komentar